Saatnya Menata Masa Depan Sektor Sawit Bersama Buruh

Saatnya Menata Masa Depan Sektor Sawit Bersama Buruh

 

InfoSAWIT, BANJARMASIN - Sejalan dengan agenda nasional "SDM Unggul Indonesia Maju". Perusahaan perkebunan kelapa sawit nasional yang tergabung dalam Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) dengan cepat melakukan aksi nyata. Salah satunya dengan  berupaya menata buruh sawit sebagai modal kunci. Cara terbaik mengantisipasi masa depan adalah dengan menciptakannya, demikian pesan orang bijak.

Di tengah kepungan ragam tuduhan, rendahnya harga dan isu masalah, faktanya faktor manusia menjadi jawaban. Sumber daya manusia sawit harus inovatif, adaptif produktif dan menikmati kesejahteraan.

“Praktik kerja layak harus menjadi tujuan, ini sejalan dengan tujuan nasional yang juga disepakti sebagai aksi global dalam paltform Sosial Development Goals (SDGs) Agenda 8 -Decent Work and Economic Growth-,” kata Kepala Bidang Ketanagkerjaan GAPKI Pusat, Sumarjono, Saragih, saat acara Muscab GAPKI Kalsel, bertemakan "Promosi Dan Implementasi Kerja Layak Sawit Indonesia", dalam keterangann resmi diterima InfoSAWIT belum lama ini.
 
Langkah dan inisiatif baru GAPKI tersebut yang fokus ke Sumberdaya Manusia (SDM), faktanya sejalan dengan agenda nasional. Dengan cara tersebut, celah untuk mendiskrsditkan sektor perkebunan kelapa sawit menjadi sangat kecil.

“Semestinya kita patut bangga, bahwa sawit adalah solusi kehidupan (pangan dan energi). Bahkan sawit terbukti mampu menjawab semua agenda SDGs (17 Tujuan),” tandas Sumarjono. (T2)



( Sumber :  www.infosawit.com )

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »