Masa Depan Cerah bagi Karet, CPO Kelapa Sawit

Selain batu bara, komoditas andalan ekspor Kalsel masih didominasi sumber mineral seperti bijih besi, dan sumber daya alam seperti karet dan CPO kelapa sawit.

Sementara itu untuk komoditas karet, setelah cukup lama terpuruk, di penghujung tahun 2016 ini harganya pun sedang semringah.

Sekretaris Gabungan Perusahaan Karet Indonesia (Gapkindo) Kalselteng, Hasan Yuniar mengatakan harga karet naik sejak pertengahan tahun ini. Dari harga 142 dolar AS menjadi 172 dolar AS per kilogram dalam bentuk Standar Indonesia Rubber (SIR).

Karet tersebut diekspor ke 56 negara, khususnya untuk memenuhi kebutuhan bahan baku produksi ban. Kenaikan ini karena kondisi ekonomi di beberapa negara buyer membaik.

Adapun negara-negara penerima ekspor karet terbanyak adalah China, Jepang, India, Taiwan, Korea serta beberapa negara Eropa seperti Jerman, Italia dan Amerika Serikat.

Kondisi ini tentu membuat petani karet Banua memiliki harapan baru. Sebab, dengan membaiknya harga karet, maka perekonomian mereka ikut baik.

Hasan juga menambahkan, saat ini kebutuhan ekspor karet 80 persen dan 20 persen memenuhi kebutuhan dalam negeri. Anggota Gapkindo Kalselteng membeli bahan baku karet 85 persen dari rakyat dalam hal ini petani dan 15 persen dari perkebunan negara dan perkebunan swasta.

Berbeda dengan batu bara, komoditas karet yang terbarukan relatif memiliki masa depan lebih cerah dan peluang untuk kembali berjaya. Karena karet banyak diperlukan untuk bahan baku berbagai sektor industri seperti otomotif dan lainnya.

Optimisme terhadap komoditas ini pun disampaikan Bank Indonesia. Karet dinilai salah satu komoditas andalan yang masih dapat dikembangkan karena banyak industri yang memerlukan bahan baku karet. Mulai dari campuran aspal, sampai onderdil motor.

Bahkan Kepala Kantor Perwakilan BI Kalsel, Harymurthy Gunawan mengimbau para investor untuk menggarap potensi karet dengan mendirikan industri hilir berupa pengolahan karet agar nilai ekonomis semakin meningkat. (drt/has/nda)

Sumber : banjarmasin.tribunnews.com

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »