Hambatan CPO di Uni Eropa Masih Kampanye Negatif

KEPUTUSAN Majelis Tinggi Parlemen Prancis yang membatalkan rencana penetapan pajak impor minyak kelapa sawit atau crudre palm oil (CPO) secara progresif yang rencananya berlaku mulai 2017 nanti memberikan sinyal positif bagi ekspor CPO Indonesia ke Uni Eropa.

Fadhil Hasan, Direktur Eksekutif Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki) menyebut, pembatalan penetapan pajak CPO oleh Prancis ini membuat hambatan ekspor CPO ke benua biru tersebut berkurang. Pasalnya jika Prancis sukses meloloskan rencana ini, maka negara Uni Eropa lainnya bakal menerapkan hal yang sama dan pastinya akan memukul ekspor CPO Indonesia.

Meski begitu, Fadhil bilang, hambatan ekspor CPO ke Uni Eropa masih belum tuntas karena tetap harus berurusan dengan banyaknya kampanye negatif CPO yang semakin berkembang di sejumlah negara Uni Eropa. "Kampanye negatif tetap berjalan hingga kini," katanya kepada KONTAN, Minggu (7/8).

Fadhil menambahkan, potensi munculnya rencana pajak CPO progresif Prancis ini masih ada karena pencabutan rencana ini sifatnya hanya enam bulan ke depan dan masih mungkin kembali dibahas tahun depan sehingga banyak yang harus dibenahi untuk menangkal hambatan ini.

Sumber : Kontan

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »