Harga Sawit Masih Bagus

BAGANSIAPI-API - Kendaraan roda empat warna hitam jenis Colt Diesel, meluncur ke Jalan Lintas Bagansiapi-api -Sinaboi melintasi beberapa kepenghuluan yang ada di wilayah Kecamatan Bangko maupun Kecamatan Sinaboi.  
 
Kendaraan tersebut berhenti di setiap tempat untuk menimbang dan menyangkut kelapa sawit yang baru dipanen masyarakat. ‘’Untuk saat ini, harga kelapa sawit di daerah kita masih bagus,’’ kata Supriyanto (44) salah seorang petani sawit di Kepenghuluan Parit Aman, Kecamatan Bangko. 
 
Di mana, tambah Supriyanto, harga kelapa sawit di daerahnya sudah mencapai sekitar Rp1.350 per kilogram.  Kondisi harga tersebut boleh dikatakan naik bila dibandingkan sepekan lalu yang hanya mencapai sekitar Rp1.250 per kilogram.
 
‘’Hasil penjualan ya lumayan lah,’’ kata Supriyanto. Kendati hasil penjualan boleh dikatakan lumayan, namun di sisi lainnya mengalami penurunan produksi. 
 
Di mana, lahan miliknya seluas dua hektare, rata-rata mampu menghasilkan empat ton menurun menjadi sekitar satu ton. ‘’Buah lagi trek. Jadì, hasil penjualan kali ini masih lumayan,’’ kata Supriyanto. 
 
Sementara, Kepala Dinas Perkebunan Kabupaten Rohil, Drs Syahril yang ditemui kemarin di Bagansiapi-api tidak menafikan bahwa harga kelapa sawit di beberapa daerah di wilayah Kabupaten Rohil sudah mulai bagus.  ‘’Harga ya sudah mulai bagus. Ini untuk saat ini ya,’’ kata Syahril. 
 
Kendati demikian, lanjut Syahriul, pihaknya memprediksikan bahwa harga sawit yang sudah tergolong bagus tersebut tidak berlangsung lama.(sah)

Sumber : Riau Post

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »