KJP-CPS kembali meraih BSM Award 2009


Koperasi Jasa Profesi "CIPTA PRIMA SEJAHTERA" (KJP-CPS) kembali berhasil meriah penghargaan BSM UMKM Award dari BSM (Bank Syariah Mandiri) untuk kategori Rill Kecil untuk kedua kalinya, Koperasi Jasa Profesi "CIPTA PRIMA SEJAHTERA" adalah satu-satunya yang memperoleh BSM award selama 2 tahun berturut-turut yaitu tahun 2008 dan 2009. Pemberian penghargaan BSM UMKM Award sendiri berlangsung di Jakarta tanggal 20 Desember 2009. Acara ini dihadiri oleh Meneg Koperasi dan UMKM, Syarifuddin Hasan serta para nominasi peraih penghargaan.

Untuk tahun ini, BSM UMKM Award diberikan kepada 11 pemenang dari 11 kategori. Para pemenang, antara lain, KJP Ciptaprima Sejahtera Banjarmasin, BPRS Suriyah Cilacap, Koperasi BMT Babussalam Kuningan, PT Kubik Kreasi Sisilain Jakarta, PT Qomari Prima Publisher Solo, Kopkar Siporennu PT Telkom Makassar, Primkopau Mabes TNI AU Bogor, Kopkar PT Elnusa, Jakarta CV Bunga Indah Farm Sukabumi, CV Mutiara Indah Tangerang, dan Subhan Jayapura.

Adapun 11 kategori tadi yakni BPRS, KJKS/Kopsyah/KSU, sektor riil mikro, sektor riil kecil, sektor riil menengah, koperasi karyawan BUMN/BUMD, koperasi karyawan PNS/TNI/Polri, koperasi karyawan swasta, program KUR, program DNS KLH, dan program SUP 005. Pembagian peserta dan juara didasarkan atas ketentuan sebagai berikut, untuk mikro limit pembiayaan maksimal Rp100 juta, lalu untuk kategori kecil limit pembiayaan lebih dari Rp100 juta dan maksimal Rp1,5 miliar. Adapun menengah limit pembiayaan lebih dari Rp1,5 miliar dan maksimal Rp15 miliar.
Pemenang BSM UMKM Award 2009 ini telah melewati proses penjurian yang fair. Dewan juri untuk BSM UMKM Award 2009 ini dipimpin oleh Deputi Meneg Koperasi dan UKM, Agus Muharram. Adapun anggota juri terdiri Sudariyono (Deputi Menteri KLH), Mustafa Edwin Nasution (Ketua IAEI & PEBS FEUI), Nining I Soesilo (Direktur UKM Center FEUI), dan Syakir Sula (Sekjen MES).
Dewan Juri telah menetapkan sebelas pemenang dari 34 pengusaha kecil, mikro dan menengah yang masuk babak final. Sebelum puncak acara, para finalis BSM UMKM Award yang datang dari berbagai daerah di Indonesia ini telah mendapatkan workshop yang diselenggarakan di Jakarta dengan salah seorang nara sumbernya Deputi Menneg Koperasi dan UKM, Agus Muharram.
Kandidat penerima BSM UMKM Award 2009 adalah debitur BSM dan diusulkan oleh seluruh cabang BSM. Adapun kandidat UMKM Award ini harus memenuhi beberapa kriteria yakni, telah menjadi debitur BSM minimal 3 tahun, memiliki kolektibilitas lancar selama dua tahun terakhir di BSM, memiliki laporan keuangan periode tahun 2007 dan 2008, membukukan laba pada tahun buku 2008 (dalam jumlah berapa pun) dan terakhir nasabah tidak pernah masuk NPF selama 2 tahun terakhir, berdasarkan Hasil BI Checking per November 2009.
“Prestasi yang diraih ini sangat luar biasa karena harus bersaing dengan 4000 UMKM yang ada di seluruh Indonesia,”.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »